Tuesday, November 10, 2009

TIPS N TRIK : Ganti Sendiri Tabung "Sokbreker" Depan Motor

Satu-satunya cara untuk mengikuti berita terakhir mengenai berita terbaru adalah untuk terus-menerus tinggal di mencari informasi baru. Jika Anda membaca segala sesuatu yang Anda temukan tentang berita terbaru, maka tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk menjadi otoritas yang berpengaruh.

KOMPAS.com " Buat pemilik skutik, jika Anda punya keinginan untuk ganti tabung sokbreker depan dengan model variasi, maka Anda tidak perlu ke bengkel karena bisa pasang sendiri. "Hanya memindahkan as shock dari tabung standar ke yang baru," bilang Ergus, pemilik R-59 Racing di Ciputat, Tangerang, Banten.

Proses ini dipraktikkan pada Honda BeAT atau Vario, dengan mengganti tabung standar menjadi tabung bermerek Pico. Produk ini paling diminati karena tampilannya seperti model upside down, padahal prinsip kerjanya seperti teleskopik biasa.

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Lepas baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kemudian, lepas baut sepatbor bagian dalam pakai kunci ring 10 mm, dan dilanjutkan ke bagian shock. Lantas, kendurkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah.

Kini, shock depan standar telah terlepas. Untuk memindahkan as shock ini, kita pakai peralatan khusus untuk melepas suling shock. "Kalau tidak punya bisa pinjam ke bengkel," saran Ergus.

Bagaimana Anda bisa meletakkan batas belajar lebih banyak? Bagian berikutnya mungkin berisi bahwa salah satu sedikit hikmat yang mengubah segalanya.

Mari lanjutkan. Lepaskan penutup shock di as. Caranya, tekan penutup itu ke dalam, kemudian lepaskan klip pengganjal penutup shock tadi dengan cara mencongkel pakai obeng pipih. Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung dan buang oli shock.

Nah, seperti kata Ergus, selesai proses ini, lanjutkan memakai alat khusus untuk melepas suling shock. Siapkan kunci L ukuran 8 dan bawa ke tukang las untuk disambungkan dengan besi bulat 10 sepanjang 60 cm. Yang terpenting menurut Ergus, panjang besi melebihi panjang tabung shock dan as.

Bila sudah, pakai alat tadi untuk membuka as shock dengan kunci L ukuran 8 yang sudah disambung tadi. Tahan baut yang ada di dalam shock, kemudian lanjutkan dengan membuka baut yang ada di bawah tabung shock dengan kunci L8.

Ketika suling dan as shock sudak lepas, langsung pasang ke tabung yang baru. Cara pasangnya sama ketika membuka. Ingat! Sebelum pasang, bersihkan oli yang tersisa di suling dan as shock dengan cairan, semisal minyak tanah.

Saat memasang, enggak usah pakai seal baru karena pada tabung Pico sudah ada. Usai pasang suling dan as, tuang oli shock ke dalam tabung 50-60 ml(untuk skutik atau bebek). Untuk keperluan balap, tambah oli sedikit lagi.

Jika sudah selesai, maka pasang kembali shock berikut sepatbor. Untuk model Pico, dudukan shock perlu dibuat ulang. Jadi, kondisinya tidak tertanam di tabung, tetapi dikunci dengan baut dan mur. (Eka)



Itu terbaru dari berita terbaru berwenang. Setelah Anda terbiasa dengan ide-ide ini, Anda akan siap untuk pindah ke tingkat berikutnya.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks