Thursday, December 3, 2009

Tak Termasuk Pembebasan Pajak, Kerugian Negara Rp86 M

Are you looking for some inside information on tech? Here's an up-to-date report from tech experts who should know.

JAKARTA- Majelis Hakim di Pengadilan Tipikor yang diketuai Maryana dengan terdakwa Hengky Samuel Daud mempertanyakan perhitungan angka kerugian negara oleh Dwi Prahoro Irianto, ahli dari BPKP. Pasalnya, dalam perhitungan kerugian negara sebesar Rp86,07 miliar tidak mencakup biaya bebas impor kendaraan damkar tipe Morita dan V-80ASM. Dwi Prahoro yang auditor investigasi BPKP ini mengakui kalau pihaknya tidak menghitung kerugian dari pembebasan PPN maupun cukai impor dari PT Istanasarana Raya dan PT Satal Nusantara. Dengan alasan, dia tidak memiliki keahlian tersebut.

"Yang lebih tahu soal hitungan itu dari Bea Cukai pak hakim. Saya tidak tahu persis tentang perhitungan kerugian negara dari cukai," ujar Dwi dalam persidangan Hengky Samuel Daud di Pengadilan Tipikor, Kamis (3/12).

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

Dijelaskannya, dalam hasil auditnya, ditemukan kerugian negara Rp86,078 miliar, terdiri dari pengadaan mobil damkar Rp20,8 miliar dan V-80ASM Rp65,02 miliar. Kerugian negara ini dihitung dari tahun anggaran 2003-2005 yang dilaksanakan oleh 22 Pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota.

"Hasil audit menunjukkan kalau, margin income dari masing-masing daerah berbeda-beda. Contohnya di Lampung Tengah dan Bojong Timur marginnya sampai 154 persen, sedangkan Sulawesi Utara 104 persen," bebernya.

Temuan BPKP lainnya adalah dari 36 pengadaan damkar, 31 kontrak lewat sistem penunjukan langsung, 1 kontrak lewat pemilihan langsung, 3 kontrak lewat lelang tapi hanya formalitas, dan 1 tanpa kontrak.

Sidang HSD ini akan dilanjutkan pekan depan dengan pemeriksaan terdakwa dan ahli dari Bea Cukai yang akan dihadirkan Ketua JPU Ruddy Margono.(esy/JPNN)

Those who only know one or two facts about tech can be confused by misleading information. The best way to help those who are misled is to gently correct them with the truths you're learning here.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks