Friday, November 13, 2009

HANDPHONE : ZTE-W N61 XIANG: HSDPA Pintar, Plus QWERTY

Yang terbaik untuk mengambil tindakan kadang-kadang tidak jelas sampai Anda telah terdaftar dan dianggap sebagai alternatif Anda. Paragraf berikut akan membantu Anda dalam petunjuk untuk apa yang menurut para pakar signifikan.

Di Indonesia, ZTE lebih ngetop sebagai hape yang banyak dibundel operator. Biasanya, harganya murah meriah, dengan fitur minim. Mereka terkenal pula dalam hal modem 3G dan HSDPA.

Padahal sebetulnya ZTE juga punya hape pinter. Salah satunya ZTE-W N61, atau populer dengan nama ZTE Xiang.

Desain
Xiang diklaim sebagai hape pinter ber-keyboard Qwerty yang langsing. Dibanding sejumlah peranti dengan model sejenis, memang Xiang termasuk tipis. Tapi bobotnya terkesan berat, utamanya karena ada bagian casing yang berbahan logam.

Sejauh ini ZTE hanya menyiapkan satu warna. Kombinasinya cukup unik, yaitu logam warna perak plus kaca warna hitam di depan dan plastik tebal warna kehijauan di belakang. Untuk menyalakan hape, cari saja tombol On-Off di atas bodi, ujung kiri.

Deretan tombol terdiri dari 4 baris. Ukuran tombol di keyboard terbilang imut. Tapi karena ada jarak yang memadai antartombol, Sinyal tak begitu kesulitan memencetnya meski jempol kami tergolong jempol gajah. Mencetnya pun enak.

Tombol angka difungsi-gandakan dengan tombol huruf. Perhatikan angka 1-2-3 yang ditumpuk di huruf E-R-T, 4-5-6 di D-F-G, dan 7-8-9 di C-V-B. Hanya angka 0 punya tombol sendiri. Sejumlah simbol juga ditumpuk pada karakter lainnya.

Yang menarik, hape pinter ini juga pakai layar sentuh; kombinasi yang langka di hape cerdas ber-keyboard Qwerty. Seingat kami, baru Samsung Blackjack yang konsisten dengan kombinasi seperti itu.

Stylus ada di siku kanan atas bodi, agak belakang. Ukuran layar sebetulnya tak luas. Tapi karena menyatu dengan bagian casing berbahan kaca dan warna yang sama-sama gelap membuat layar terkesan luas. Layar bisa "dikunci" dengan memencet Fn sambil pencet spasi. Tapi Unlock agaknya hanya bisa dilakukan dari layar sentuh. Di pojok kanan atas layar ada kamera sekunder yang hanya dipakai untuk video call. Sementara di pojok kiri atas layar ada lampu indikator batere.

ZTE juga memasang sejumlah tombol pintas. Di kanan tombol Start Windows Mobile (logo Windows) ada tombol browser Internet Explorer Mobile, sementara di kiri tombol OK ada tombol Messaging (icon amplop). Tombol pintas lainnya adalah tombol Wireless Manager (icon pemancar) di ujung deretan tombol keyboard paling bawah.

Konektivitas 3.5G
Seperti jor-joran ZTE di Mobile World Congress awal tahun ini, Xiang merupakan seri yang mengedepankan kemampuan 3.5G (HSDPA/HSUPA). Cuma, karena ini prototipe yang tak ada setting internet operator Indonesia, kami terpaksa menyetelnya secara manual. Bagi yang pernah menyetel setting internet operator di PDAphone, tentu tahu bahwa tak semua operator menyiapkan data konfigurasi, khususnya untuk kartu prabayar.

Ketika Sinyal pasangi (beberapa) SIM card prabayar yang sudah diaktifkan 3.5G-nya, lalu dijajal di area cakupan 3.5G, browsing terasa lumayan kencang.

Selain punya fasilitas 3.5G, Xiang juga punya Wi-Fi. Jadi kalau jaringan operator mandeg, tinggal cari area hotspot gratis untuk melanjutkan internetan. Proses konfigurasinya mudah.

Browser bawaan hape hanya Internet Explorer Mobile; ada tombol pintasnya di kiri navigasi. Sinyal juga mencoba meng-instal Opera Mobile. Tapi entah mengapa tak berfungsi dengan baik. Mungkin ada bug soal resolusi layar, entah di aplikasi atau di hape.

Telepon dan SMS
Untuk bertelepon, tinggal pencet tombol keyboard yang ada angkanya, lalu pencet tombol Call. Tapi di Messages, untuk mengetikkan nomor tujuan atau pun angka dalam pesan, kita harus pencet tombol Fn bersama tombol angka.

Pengetahuan dapat memberikan keuntungan yang nyata. Untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya informasi tentang berita terbaru, terus membaca.

Tombol untuk video call hanya ada di keypad virtual. Di tombol virtualnya tertera Video dengan gambar telepon dan orang. Keypad virtual otomatis terbuka ketika kita memencet nomor telepon dengan keyboard. Oya, di sini ada juga pengaturan Video phone call barring untuk menolak penelepon yang tak diinginkan.

Karena sudah memakai Windows Mobile 6.1, SMS sudah langsung tersusun layaknya chatting. Jadi mudah sekali kalau mau melacak SMS dengan kontak tertentu. Bagi yang doyan ber-email, free e-mail seperti Yahoo atau GMail mudah disetel. Oya, ZTE menyiapkan pintasan ke Messaging di kanan navigasi.

Kamera
Kamera utama beresolusi 3,2MP diletakkan di belakang bodi, didampingi lampu di kanan kamera. Tombol kameranya bisa ditemukan di kanan bodi; kira-kira sejajar tombol OK. Tapi bagi kami tetap lebih nyaman memakai tombol tengah navigasi saat pengambilan gambar diam maupun bergerak.

Respon kameranya terasa lamban; beberapa detik setelah tombol dipencet, barulah foto terjepret. Sebetulnya kita bisa dapatkan foto yang terang dan tajam. Tapi syaratnya tangan kita harus bener-bener mantap dan obyeknya juga diam. Jika tidak, hasil yang didapet cenderung buram dan pucat.

Kinerja Sistem
Xiang sudah menggunakan Windows Mobile 6.1. Sistem operasi ini dikenal memiliki banyak aplikasi pihak ketiga. Jadi kita takkan kesulitan mendapatkan aplikasi kerja maupun hiburan yang lebih tokcer dibanding bawaan standar dari sistem operasinya. Dari ZTE sendiri Sinyal tidak melihat bonus aplikasi kerja.

Untuk hiburan, ada radio. Padahal jarang dijumpai hape dengan Windows Mobile yang punya radio FM.Radio baru bisa berfungsi bila earphone tercolok. Tak perlu kuatir rebutan port dengan charger, sebab ZTE menyiapkan jack 2,5mm di kiri bodi, ujung atas. Perhatikan, kita juga bisa menyetel volume radio pakai navigasi kiri-kanan.

Ke-2 tombol volume (atas volume up, bawah volume down) ada di kiri bodi, di bawah port USB mini. Speaker-nya ada di belakang bodi, bertetangga dengan lensa kamera. Seperti kebanyakan PDAphone, suara yang dihasilkan speaker tak nyaring. Kualitas suaranya biasa saja; apalagi tak ada equalizer untuk memoles suara.

Port USB mini ada di kiri bodi. Ini dipakai bersama untuk isi ulang batere dan transfer data. Seperti biasa, sinkronisasi dengan PC dibantu MS ActiveSync. Penambahan kapasitas dimungkinkan karena ada slot MicroSD. Tapi karena letaknya di dalam bodi, apalagi mulut slot terganjal batere, kita jadi tak mudah pasang-cabut MicroSD.

Menurut spesifikasi, Xiang mendukung GPS. Tapi ini hanya menyediakan port; belum ada receiver-nya. Jadi kita harus tambahkan lagi asesori beserta aplikasinya.

Kesimpulan
Keyboard QWerty plus layar sentuh memperluas pilihan input. Radio merupakan bonus menarik di PDAphone. Sayang kameranya tak merespon seperti yang kami harapkan.

Sumber: Sinyal

Plus :Kombinasi keyboard QWerty dan layar sentuh menjadikan cara pakai hape lebih fleksibel. Konektifitas ke internet juga mantap

Minus :Relatif berat dibanding hape pintar setara. Kameranya lamban.

Rival :Samsung SGH-i780, BlackBerry Javelin


Spesifikasi: ZTE-W N61 XIANG
Jaringan : GSM 850/1900/2100 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 115x66x12 mm
Bobot : 140 gram
Batere : Lithium ion 3,7 V 1300 mAh
Waktu siaga : rata-rata 2 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2,4
Sistem operasi : Windows Mobile
Memori internal :
Memori tambahan : MicroSD, dukung 2GB
Konektivitas antar peranti : USB mikro, Bluetooth, Wi-Fi
Konektivitas internet : WLAN
Kamera : 3,2MP
Ringtone : Polifonik
Messaging : SMS, MMS, e-mail
Aplikasi : FM Radio, Java, PDF, Streaming Player, Encryption, External GPS
Isi paket : Charger + kabel data USB mini, MicroSD, headset, manual, CD.

Hari akan tiba ketika Anda dapat menggunakan sesuatu yang Anda baca di sini untuk memiliki dampak yang menguntungkan. Kemudian Anda akan senang Anda meluangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang berita terbaru.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks