Saturday, November 14, 2009

TEKNOLOGI : Lotus Kembangkan Mesin Hibrida Biaya Murah

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda tahu hanya cukup tentang berita terbaru menjadi berbahaya? Mari kita lihat apakah kita dapat mengisi sebagian dari celah dengan info terbaru dari berita terbaru ahli.

FRANKFURT, KOMPAS.com " Lotus Engineering meluncurkandan memperkenalkan mesin kecilnya yang dirancang khusus untuk aplikasi hibrida seri di IAA ke-63 yang berlangsung di Frankfurt saat ini.Mesin ini disebut juga œRange-Extender.

Target Lotus dengan mesin ini, selain efisiensi, adalah menekan biaya produksi agar lebih rendah. Dengan cara ini pula, harga mobil hibrida bisa ditekan. Maklum, mobil hibrida mahal karena sumber penggeraknya menggunakan item yang lebih banyak dibandingkan mobil konvensional, yang hanya menggunakan motor bakar.

Metode Lotus untuk menjadikan mesin ini berbiaya lebih murah adalah dengan mendesainnya secara khusus dan mengubah teknik pembuatan. Di samping itu, ditargetkan, bobot mesin, termasuk generator, harus di bawah 56 kg. Kapasitas mesin 1,2 literdan menghasikan tenaga 35kW (47 PS) @3.500 rpm.

Menurut Direktur Teknik Lotus Engineering Simon Wood, Range Extenderinidirancang untuk mengoptimalkan efisiensi termal dan konsumsi bahan bakar, serta bisa menggunakan berbagai jenis bahan plus biaya produksi yang murah.

œMesin ini dirancang khusussesuai dengan rentang kerja mobil hibridaseri. Kami memutuskan mengembangkan mesin ini karena banyak produsen mobil makin tertarik dengan hibrida seri, ungkap Simon Wood.

Waktu terbaik untuk belajar tentang berita terbaru adalah sebelum Anda berada di tengah-tengah hal. Bijaksana pembaca akan terus membaca untuk mendapatkan yang berharga berita terbaru pengalaman selagi masih gratis.

Monoblock
Pada hibrida seri, motor bakar dihubungkan ke generator untuk membangkitkan energi listrik. Selanjutnya, energi tersebut disalurkanke motor listrik untuk menjalankan mobil atau disimpan di dalam baterai.

Karena target Lotus adalah bobot yangringan dan biaya produksi murah,mesin dibuat dengan konstruksi monoblock aluminium. Bagian mesin, seperti blok dankepala silinder plus saluran isapdibuat dalam satu cetakan. Jumlahkomponen pun tidak banyak.

Mesin bekerja pada dua kondisi:1.500 rpm menghasilkan tenaga 15 kW (20 PS) dan pada 3.500 rpm, 35 kW (947 PS). Tenaga dihasilkan oleh generator listrik yang disatukan pada mesin, persis seperti genset!

Kesederhanaan mesin ini, setiap silinder menggunakandua katup. Sistem pasokan bahan bakar memanfaatkan injektor yang dipasang pada katup isap. Di samping menggunakan bahan bakar bensin, mesin juga bisamemanfaatkan alkohol.

Konstruksi monoblock membuat mesin tidak lagimemerlukan gasket untuk kepala silinder. Jumlah komponen pun berkurang sampai 17 buah. Penyatuan saluran isap dengan blok silinder mengurangi pula jumlah komponen sampai 18 buah.

Dengan demikian, biaya tinggi sumber penggerak hibrida seri bisa diatasi. Ukuranbaterai juga berpengaruh untuk menurunkan harga.Hebatnya lagi, mesinbisa diproduksi dengan volume rendah.

Pengembangan mesin tersebut merupakan bagian dari proyek œLimo Green, yaitu proyek pengembangan mesin untuk sedan premium denganemisiCO2 di bawah 120 kg/km di Inggris!


ZBJ
Itulah keadaan berdiri sekarang. Perlu diketahui bahwa setiap subjek dapat berubah sepanjang waktu, jadi pastikan Anda mengikuti berita terbaru.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks