Sunday, November 8, 2009

FEATURE : Sentra Data Digital Bisnis Modern

Jika Anda sungguh-sungguh tertarik untuk mengetahui tentang berita terbaru, Anda harus berpikir di luar dasar. Artikel ini membutuhkan informatif melihat lebih dekat hal yang perlu Anda ketahui tentang berita terbaru.

Oleh Rene L Pattiradjawane

Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi, penyimpanan data menjadi persoalan serius bila tidak ditangani secara cepat dan akurat sehingga pada saat dibutuhkan ketersediaan berbagai data digital dalam berbagai format digital bisa secara efektif dan efisien digunakan siapa saja.

Selain cara mengakses dan menyimpan berbagai data digital tersebut, isu lain yang tidak kalah penting dengan semakin membengkaknya jumlah data digital ini adalah masalah keamanan karena sensitivitas data tersebut untuk berbagai kepentingan, terutama berkaitan dengan bisnis atau menyangkut masalah kerahasiaan, termasuk di tingkat pemerintahan.

Sejak lama kita memerhatikan kecepatan akses jejaring digital, khususnya terkait dengan jejaring internet, memang telah menimbulkan berbagai kecenderungan untuk menyimpan data yang diperoleh secara cepat tersebut. Kelipatan kecepatan akses jejaring digital internet menyebabkan terjadinya penambahan eksponensial untuk menyimpan data yang diakses.

Dengan demikian, penyimpanan digital yang bisa diandalkan menjadi terlalu penting dan tidak bisa diabaikan oleh mereka yang memang mengandalkan pekerjaannya dengan mengakses jejaring digital, baik dalam skala internet maupun intranet. Kecepatan akses data digital ini terbukti ikut menentukan keberhasilan berbagai perusahaan, termasuk usaha kecil menengah, untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk bisa bersaing secara global.

Di sisi lain, pola penyimpanan yang semakin membesar juga mengharuskan secara paralel untuk melakukan pencadangan (backup) untuk memastikan data yang tersimpan dalam berbagai hard disk bisa terus-menerus tersedia, tidak rusak karena virus, atau rusak karena kegagalan perangkat keras hard disk.

Bisnis modern

Perusahaan asal Taiwan, QNAP Systems Inc, yang secara gencar sejak beberapa tahun belakangan ini memproduksi perangkat penyimpanan digital yang terkoneksi ke dalam jejaring digital (NAS), menghadirkan produk yang menarik perhatian setelah dalam beberapa saat sebelumnya menggunakan produk sejenis.

QNAP Systems memperkenalkan produk TS-639 Pro Turbo NAS sebagai produk andalan untuk menyimpan aset-aset digital secara aman, bisa diandalkan, serta memiliki kinerja tinggi. Memiliki enam penampang untuk memuat hard disk berbagai kapasitas, TS-639 Pro dilengkapi prosesor kecepatan tinggi 1,6 GHz, memori DRAM sebesar 1 GB, dua buah rongga gigabit Ethernet, serta memiliki fitur konfigurasi RAID 0/1/5/6 /5+ sebagai sistem penyimpanan dan pengarsipan masif.

Lihat berapa banyak Anda dapat mempelajari tentang berita terbaru ketika Anda mengambil sedikit waktu untuk membaca sebuah artikel diteliti baik? Jangan lewatkan pada seluruh informasi yang besar ini.

Produk yang cocok untuk keperluan bisnis modern ini didukung dengan sistem kendali berbasis web yang sangat mudah digunakan siapa saja. Bahkan, fitur menarik lainnya adalah selain mampu menjadikan beberapa perangkat hard disk sebagai sebuah hard disk ukuran besar secara tunggal, TS-639 Pro ini juga memiliki fitur RAID secara online yang memudahkan migrasi dan ekspansi kapasitas kalau diperlukan.

Sisi lain yang juga tidak kalah menarik seperti pada produk QNAP sebelumnya adalah dukungan aplikasi yang tertanam dalam TS-639 Pro ini untuk menjadikan perangkat ini sebagai file server, FTP server untuk menyimpan atau mengambil data dari jarak jauh, serta replikasi yang dilakukan secara aman dengan teknologi enkripsi.

Produk NAS canggih ini juga mampu melakukan pertukaran hard disk secara hot-swap, tanpa harus memastikan perangkat terlebih dahulu. Kemampuan ini memungkinkan untuk terus mempertahankan kinerja TS-639 Pro tanpa harus mengganggu pekerjaan yang sedang berlangsung, dan data yang tersedia di dalamnya tetap aman.

Perimbangan

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah tersedianya dua buah rongga gigabit LAN yang bisa dikonfigurasi untuk mengambil alih satu sama lain (failover) bila terjadi kerusakan pada salah satu sambungan LAN. Fitur ini memastikan kalau akses ke berbagai data, bisa berlangsung terus-menerus tidak terganggu karena cacatnya salah satu rongga LAN.

Fitur lainnya dari kehadiran dua rongga LAN ini adalah memungkinkan terjadi pengimbangan (load balancing) lalu lintas data yang ke dan dari perangkat TS-639 Pro ini. Fitur ini melakukan agregasi pita jaringan untuk mendorong kecepatan pemindahan.

Selain itu, dengan dua rongga LAN ini, TS-639 Pro ini bisa memiliki dua buah alamat protokol internet (IP address), membagi kelompok kerja jaringan sesuai kebutuhan perkantoran. Menarik juga kalau usaha kecil menengah yang bergerak dalam penyediaan jasa digital bisa memanfaatkan produk QNAP ini untuk membangun situs web sendiri tanpa harus memiliki server yang besar.

Sebagai perangkat pusat data, QNAP TS-639 Pro menyenangkan untuk digunakan karena kemudahan penggunaannya serta ragam fitur yang dimilikinya. Dan, produk seperti TS-639 Pro ini akan menjadi andalan penting di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Sumber: Kompas

Sekarang Anda bisa menjadi ahli percaya diri pada berita terbaru. OK, mungkin bukan seorang ahli. Tapi Anda harus memiliki sesuatu untuk membawa ke meja lain kali Anda bergabung dengan diskusi pada berita terbaru.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks