Wednesday, November 4, 2009

HANDPHONE : Nexian NX-G330m, Ponsel Dangdut

Dalam dunia sekarang ini, tampaknya hampir semua topik terbuka untuk diperdebatkan. Sementara aku sedang mengumpulkan fakta-fakta untuk artikel ini, saya cukup terkejut menemukan beberapa masalah saya kira diselesaikan sebenarnya masih dibahas secara terbuka.

Sepuluh lagu dangdut legendaris yang resmi disisipkan Nexian sebagai bonus di kartu memori seri NX-G330m ini. Tentu saja, sebenarnua lagu apa saja bisa dimainkan asalkan berupa MP3. Masih ada lagi, sebuah mini speaker untuk menikmati lagu atau radio

Desain & Keypad
Desain ponsel ini " menilik harganya - lumayan bagus. Segar dengan warna putih berbalut perak di sekeliling badan hape. Meski layarnya kecil, bingkai layar yang hitam membuatnya lega.
Sayangnya, warna putih ini terasa cepat kotor. Kurang sesuai dengan target pengguna hape ini, yang kemungkinan besar lebih sering berada di lapangan yang kotor.

Bagian belakang diberi tekstur kasar, membuatnya kokoh saat digenggam. Namun dari bahan casingnya, memang terasa bahan plastik yang dipakai disuaikan dengan harganya.

Ukuran setiap tombol bisa dikatakan sedang, meski mereka yang jempolnya berukuran sedang akan merasa kurang nyaman. Namun, adanya dua garis batas yang membagi tombol-tombol menjadi 3 kolom, bisa mencegah salah pencet saat mengetik dengan cepat.

Yang terasa kurang adalah kecepatan mengetik dan akses ke menu-menu, yang tidak bisa diimbangi oleh otak hape ini. Wajar, mengingat harganya yang terjangkau. Jadi pake saja slogan biar lambat asal selamat alias tidak salah ketik.

Hiburan & Phonebook
Hiburan terdiri dari pemutar musik MP3, radio FM, internet dan tiga game. MP3 bawaan berkapasitas 256MB dan sudah berisi 10 lagu dangdut pilihan yang legal, dengan kualitas suara yang jernih dan keras. Saat diganti dengan microSD 1GB, lagu tetap bisa diputar tapi lewat File Manager, sehingga lagu mesti diputar satu per satu. Sementara jika menggunakan microSD 256MB, lagu berikutnya bisa dimainkan hanya dengan menekan tombol navigasi ke kanan.

Internet bisa dinikmati dengan WAP Browser. Layarnya memang sempit, tetapi lumayan dipakai saat kepepet. Setting bisa dilakukan dengan mudah lewat Services>WAP> Settings>Edit Profile. Pilih operator yang sesuai, lalu OK. Maka, internet siap digunakan.

Phonebook, alias daftar kontak begitu penting fungsinya. Tersedia tempat untuk 500 nama, masing-masing terdiri dari nomor hape/rumah/kantor/fax, alamat, e-mail. Setiap nama di phonebook juga bisa diberi tanda ikon/gambar dan nada (ringtone) tersendiri, sesuai pilihan yang tersedia.

Sejujurnya, satu-satunya perbedaan antara Anda dan berita terbaru ahli adalah waktu. Jika Anda akan berinvestasi sedikit lebih banyak waktu dalam membaca, Anda akan lebih dekat ke status ahli ketika datang ke berita terbaru.

Menariknya, tersedia juga menu untuk backup phonebook, baik dengan menyimpan sebagai sebuah file (Export) atau membaca file untuk ditambahkan di phonebook. Ini berguna saat berganti hape dan tak ingin kehilangan kontak.

Hape ini juga punya fitur yang berguna untuk menghemat batere, yaitu Schedule Power yang bisa mematikan dan menghidupkan hape secara otomatis, pada jam yang telah ditentukan sebelumnya.

Speaker, Mini Speaker dan Headset
Speaker hape dangdut ini terletak didepan, jadi enak dinikmati. Jika dipakai di lapangan, paduan speaker depan dan suara kerasnya sangat berguna. Nada tengah dan treble terasa kuat di speaker-nya, meski agak pecah jika disetel pada volume maksimal. Nada bass kurang keluar, baik dari speaker hape atau dari headset bawaannya. Di pemutar musiknya ada equalizer (pengatur nada) dengan pilihan Normal, Bass, Dance, Classical, Treble, Party, Pop, Rock.

Volume di pemutar musik bisa diakses dari tombol * (turun) dan tanda # (naik). Suara yang keluar dari headset bawaan bagus dan jernih, efek stereo terasa, juga nada tengah (vokal) dan treble. Headset berfungsi sebagai antena radio FM. Asyiknya, baik pemutar lagu (MP3) maupun radio FM, bisa dinikmati sebagai sauar latar. Artinya, kita tetap bisa mendengarkan musik atau radio, sambil memakai fitur lain, seperti berkirim SMS, melihat phonebook, kalender, atau lainnya.

Nexian Dangdut yang satu ini cukup royal, dengan memberikan bonus microSD 356MB dan sebuah speaker berukuran mini, Mini speaker bisa diaktifkan dengan empat batere AAA atau adaptor 6 Volt DC. Suara dari speaker ini keras dan jernih. Untuk menghubungkan speaker mini dengan hape, tersedia konektor penghubung dari microUSB di hape, ke jack 2.5mm dari speaker.

DENGAN KATA LAIN...

Hape murah berfitur lengkap, pas dipakai sebagai hape cadangan atau diberikan kepada petugas lapangan

Sumber: Sinyal

PLUS : Harga murah, suara keras.

MINUS : akses ke menu agak lambat, layar kecil.


SPESIFIKASI: Nexian NX-G330m
Harga : Rp 350.000
Jaringan : GSM 900/1800 Mhz
Bentuk : Bar
Dimensi : 103x44x20 mm
Layar: 1,5 CSTN, 128x128 piksel, 4096 warna
Batere : Li-ion 3,7V 700mAh
Waktu siaga : rata-rata 3 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Memori internal : 88Kb
Memori tambahan : MicroSD 256MB
Konektivitas antar peranti : -
Konektivitas internet : GPRS; WAP
Kamera : -
Ringtone : Polifonik
Phonebook & SMS : 500 entri & 200 SMS
Messaging : SMS, MMS
Aplikasi : Calendar, Todo Do List, Alarm, Calculator, Surrency Converter
Isi paket : hape, charger, konverter audio, headset, manual, garansi, memori microSD 256MB, mini speaker

Sebagai pengetahuan Anda tentang berita terbaru terus tumbuh, Anda akan mulai melihat bagaimana berita terbaru cocok dengan skema keseluruhan hal. Mengetahui bagaimana sesuatu berhubungan ke seluruh dunia juga penting.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks