Tuesday, November 10, 2009

TEKNOLOGI : HOT Drive U3-X, Sepeda Listrik Selincah Manusia

Artikel menarik ini alamat beberapa isu kunci mengenai berita terbaru. Yang cermat membaca bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang berita terbaru.

TOKYO, KOMPAS.com " Honda Motor Co Ltd merilis alat transportasi atau mobilitas personal terbaru yang diberi nama U3-X. Bentuk alat angkut ini unik dan dikendarai seperti sepeda satu roda.

Karena menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkannya, alat ini juga disebut sepeda listrik. Hanya, alat ini tidak punya setang untuk menentukan arah. Nama lain yang diberikan Honda adalah HOT (Honda Omni-Traction) Drive System. 

Bagi Honda, alat ini dibuat untuk mendapatkan alat mobilitas yang bisa bekerja harmonis dengan manusia. Sekarang, sepeda listrik ini masih dalam taraf eksperimen.

Keunggulan HOT Drive, posisi duduk dan penempatan kaki pengendara pada footrest sangat pas. Di samping itu, arah gerak dapat diubah, seperti arah gerak manusia. Misalnya, maju, mundur atau ke belakang, ke samping kanan atau kiri, dan diagonal.

Semakin banyak informasi otentik tentang berita terbaru Anda tahu, semakin besar kemungkinan orang untuk mempertimbangkan Anda a berita terbaru ahli. Baca terus untuk bahkan lebih berita terbaru fakta bahwa Anda dapat berbagi.

Mengontrol kecepatan, arah gerakan, dan untuk menghentikan alat ini dilakukan dengan memiringkan tubuh bagian atas pengendara. Teknologi tersebut diadopsi dari kontrol keseimbangan yang dikembangkan Honda pada robot ASIMO dan robot humanoid bipedal Honda. Terakhir, tentu saja teknologi itu dikombinasikan dengan HOT Drive.

HOT Drive dirancang dalam ukuran kompak dan hanya menggunakan satu roda. Selain mudah digunakan, HOT Drive juga tidak mengganggu orang di sekitarnya. Kaki pengendara mudah ditaruh di pedal. Posisi pengendara sama tingginya dengan pejalan kaki atau orang lain. Bahkan, alat ini bisa pula digunakan sebagai kursi atau bangku berjalan.

Honda akan memamerkan U3-X atau HOT Drive pada Tokyo Motor Show ke-41, yang dibuka pada 24 Oktober mendatang di Makuhari Messe di Chiba, Jepang.

Cara Kerja. Sensor kemiringan mendeteksi pergeseran bobot pengendara. Selanjutnya dengan cara ini, HOT Drive akan menentukan arah dan kecepatan gerakannya. Untuk ini, Honda menggunakan sistem kontrol presisi untuk mengembalikan alat ke posisi lurus. Perubahan posisi langsung diperoleh dengan cepat dan mulus hanya dengan memiringkan tubuh pengendara.

Sebagai penggerak U3-X, Honda menggunakan motor listrik kecil multidiameter untuk mengontrol roda yang dihubungkan dalam satu arah dan membentuk roda berdiameter besar.

Dengan menggerakkan roda berdiameter besar, U3-X bergerak ke depan dan belakang. Bila roda berdiameter kecil digerakkan, alat bergerak ke samping. Bila kedua roda bergerak secara bersama-sama, arah gerakan roda diagonal.

Ciri lain dari alat ini, bodi monokok dan ringan. Sadel, footrest, dan tutup bodi bisa dilipat sekaligus berfungsi sebagai rangka yang dapat disimpan dalam bodi. Dengan ini pula, HOT Drive bisa dibawa-bawa dengan mudah. Paling pas, tentu saja buat melihat pameran atau jalan-jalan di mal!


Spesifikasi U3-X Eksperimen

 


ZBJ
Sebagai pengetahuan Anda tentang berita terbaru terus tumbuh, Anda akan mulai melihat bagaimana berita terbaru cocok dengan skema keseluruhan hal. Mengetahui bagaimana sesuatu berhubungan ke seluruh dunia juga penting.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks