Sunday, November 8, 2009

URBAN : Dari Brongkos sampai Oblok-oblok

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah apa yang Anda ketahui tentang berita terbaru akurat? Perhatikan paragraf berikut dan bandingkan apa yang Anda ketahui untuk info terbaru pada berita terbaru.

Bagi Nyonya Julie yang akrab disapa Oma, ruang makan juga merupakan ruang kerja. Meja makan di situ sekaligus juga menjadi meja kerja. Di meja itulah Oma hampir setiap hari menulis resep.

Ruang makan ini juga ruang kerja saya, kata Oma.

Meja makan itu terletak di ruang tengah berukuran 5 meter x 4 meter. Di meja itu ada setumpuk buku tulis bergaris atau yang dulu disebut buku skrip. Di antara buku itu ada yang tampak usang, tetapi masih terawat rapi. Di buku itulah tercatat berbagai resep dengan sangat rapi dalam tulisan tangan Oma.

Sekarang saya sedang menyiapkan buku 500 masakan daerah, kata Oma sambil menunjukkan buku tulis berisi resep itu.



Buku itu memuat kekayaan kuliner dari berbagai daerah Nusantara yang belakangan seperti terlupakan, antara lain brongkos singkong, rendang jengkol, buntil, sampai oblok-oblok daun singkong. Oma mulai menulis resep di majalah Star Weekly tahun 1951. Buku pertamanya tentang masakan terbit pada tahun 1957.

Rumah ini saya beli setelah buku pertama itu terbit, kata Oma yang telah menulis lebih dari 30 judul buku itu.

Oma selalu mencoba terlebih dahulu resep yang dibuatnya sebelum memublikasikan resep tersebut. Ia mencoba resep di dapur yang bersebelahan dengan kamar tidur. Saya uplek- uplek (berkutat) ya cuma di sini saja, kata Oma menunjuk aktivitas antara dapur dan ruang tengah itu.

Namun, uplek- uplek atau aktivitas rumahan di sekitar ruang tengah itu terbilang sangat produktif. Begitu produktifnya Oma menulis resep sampai Museum Rekor Indonesia pada Mei 2009 memberi penghargaan kepada Oma sebagai Penulis dan Pencipta Resep Masakan dan Kue Tertua, 87 Tahun. Aktivitas di sekitar dapur dan ruang makan itu juga yang kemudian menjadi modal Oma membuka tempat makan yang dinamai Kedai Nyonya Rumah di Jalan Naripan dan Jalan Trunojoyo, Bandung.

Ruang tengah itu juga merupakan tempat rekreasi. Setidaknya di sisi kiri ruang terdapat rak panjang yang antara lain terdapat pesawat televisi di mana Oma sering nonton sinetron. Ia juga secara rutin mengikuti berita dari Metro TV kesukaannya. ( NMP/ XAR)

Sekarang Anda dapat mengerti mengapa ada bunga yang tumbuh dalam berita terbaru. Ketika orang mulai mencari informasi lebih lanjut tentang berita terbaru, Anda akan berada dalam posisi untuk memenuhi kebutuhan mereka.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks