Sunday, November 8, 2009

NUSANTARA : Industri Gula dan Pupuk Akan Menjadi Prioritas Depperin

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya dengan berita terbaru? Laporan informatif ini dapat memberikan wawasan tentang segala sesuatu yang Anda pernah ingin tahu tentang berita terbaru.

Yogyakarta, KOMPAS - Pemerintah, dalam hal ini Departemen Perindustrian atau Depperin, akan fokus merevitalisasi industri gula dan pupuk nasional mulai 2010. Revitalisasi ditargetkan menambah kapasitas produksi gula dan pupuk agar mendukung program ketahanan pangan, khususnya untuk bahan kebutuhan pokok. Revitalisasi industri gula akan dibahas bersama dengan Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Kami akan membuat pola kebijakan bersama dengan Kementerian BUMN. Blue print revitalisasi akan selesai pada akhir November 2009, ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Mohammad S Hidayat, seusai membuka Musyawarah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY 2009 di Yogyakarta, Sabtu (7/11).

Program revitalisasi industri gula, lanjut Hidayat, ditujukan bagi pabrik-pabrik gula, baik milik negara maupun milik swasta. Pemerintah menawarkan revitalisasi mesin dengan anggaran sekitar Rp 1 triliun. Anggaran tersebut rencananya akan digunakan sebagai subsidi mo- dal bagi perusahaan gula yang mau merevitalisasi mesinnya. Akan tetapi, skema pemberian subsidi bunga tersebut masih dibahas.

Tujuh milik negara

Semakin banyak informasi otentik tentang berita terbaru Anda tahu, semakin besar kemungkinan orang untuk mempertimbangkan Anda a berita terbaru ahli. Baca terus untuk bahkan lebih berita terbaru fakta bahwa Anda dapat berbagi.

Saat ini ada tujuh pabrik gula milik negara dan tujuh pabrik gula milik swasta. Dengan program revitalisasi itu, Indonesia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gula secara mandiri dalam lima tahun mendatang.

Selain merevitalisasi pabrik gula yang ada, pemerintah juga akan mendorong pembangunan pabrik gula baru, khususnya gula rafinasi, agar Indonesia bisa memenuhi kebutuhan gula mentah sendiri. Selama ini seluruh gula mentah atau sekitar 2.300 ton gula mentah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri harus impor.

Hidayat mengemukakan bahwa program revitalisasi juga difokuskan untuk industri pupuk nasional. Namun, sampai saat ini jumlah anggaran dan jenis bantuan bagi industri pupuk belum dibicarakan. Perusahaan pupuk dinilai sanggup melakukan ekspansi sendiri selama ada suplai gas yang cukup.

Revitalisasi tersebut merupakan program pemerintah untuk ketahanan pangan, terutama yang terkait dengan kebutuhan pokok. Dalam lima tahun, Indonesia diharapkan bisa lepas dari ketergantungan pada impor, tuturnya.

Di Pasar Beringharjo, harga gula pasir saat ini masih berada di kisaran Rp 9.000 per kilogram. Salah seorang pedagang bahan makanan, Ny Subaniat, mengatakan, sejak naik sekitar tiga bulan lalu, harga gula pasir tidak kunjung turun. (ARA)

Jika Anda sudah memilih beberapa petunjuk tentang berita terbaru bahwa Anda dapat dimasukkan ke dalam tindakan, maka dengan segala cara, melakukan hal itu. Anda tidak akan benar-benar dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan baru Anda jika Anda tidak menggunakannya.



0 comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Backlink Lists|Free Backlinks backlink Free Automatic Link Free Backlink Lists|Free Backlinks